Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cara Budidaya Ikan Bandeng di Tambak Yang Ideal Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Bandeng di Tambak Yang Ideal Untuk Pemula

Cara budidaya ikan bandeng di tambak termasuk juga satu diantara model usaha yang semakin banyak di cari. Dikarenakan ikan bandeng memiliki nilai ekonomi yang tinggi serta dapat dikonsumsi berdasar pada keperluan domestik ataupun keperluan ekspor sampai ke negara-negara luar. Sesungguhnya tehnik budidaya ikan bandeng di tambak itu telah di kembangkan dalam periode waktu lama. Tentu dengan support dari potensi SDA yang berkwalitas, ditambah lagi dengan ketersediaan dari benih bandeng yang gampang, tetapi produksinya yang condong masih tetap rendah. Hingga bikin kesempatan budi daya ikan bandeng itu lebih mengundang selera.

cara budidaya ikan bandeng agar cepat besar,cara budidaya ikan bandeng air payau,cara budidaya ikan bandeng air tawar,makalah budidaya ikan bandeng,proposal budidaya ikan bandeng,

Baca juga : Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal

Saat sebelum kita bicara tentang budidaya ikan bandeng di tambak, kita bakal membahas sedikit perihal ikan yang satu itu. Ikan bandeng dengan nama ilmiah Chanos chanos adalah sejenis dari ikan laut yang datang dari Family bernama Chanidae. Ikan bandeng termasuk juga type ikan yang tingkat adaptasinya lebih tinggi terlebih dari pergantian salinitas, seputar 0-60/milnya. Ikan ini dapat lebih tahan pada pergantian suhu yang tinggi hingga 40oC. Untuk ternak serta budidaya ikan bandeng di tambak memerlukan PH tanah seputar 7-8, kandungan oksigen yang terlarutnya meraih 3, 5 ppm.
Mengenai Bagian Budidaya Ikan Bandeng di Tambak

Persiapan Tambak Pembudidayaan


cara budidaya ikan bandeng agar cepat besar,cara budidaya ikan bandeng air payau,cara budidaya ikan bandeng air tawar,makalah budidaya ikan bandeng,proposal budidaya ikan bandeng,
,

 Untuk persiapan kolam ini, terdapat banyak kriteria yang harus dipenuhi diantaranya : tanah mempunyai ideal pada gunakan surutnya air seputar 1, 5-2, 5 mtr., terdapatnya air fresh supaya dapat mengatur komposisi garam untuk perkembangbiakan bandeng, tanah mempunyai struktur seperti tanah liat yang berpasir supaya dapat menahan air dari sumur, serta tempat ideal untuk perkembangan ikan bandeng berbentuk rimba mangrove. Kriteria itu berlaku untuk kolam yang telah dipakai dengan cara berulang-kali. Kemudian, kolam mesti dikeringkan terlebih dulu supaya dapat dikerjakan pemupukan serta pengapuran pada dasar tambak tersebut.

Bagian Pemupukan Dasar Tambak Budidaya

Pada Dasar Tambak Bila sisi dasar tambak telah retak-retak, jadi langkah setelah itu yaitu dengan lakukan pemupukan dibagian dasar tambak. Mengenai langkah pemupukan pada budidaya ikan bandeng di tambak itu dapat memakai pupuk kandang/kompos di sertai dosis yang pas, dengan dosis 1-3 ton per hektar dengan jumlah kapur seputar 1-2 ton per hektar berdasar pada pH tanah. Diluar itu, dapat pula menyiram pupuk cair sebesar 4 liter dalam setiap hektar dengan pemupukan 2 minggu sekali sampai panen. Bila telah dikerjakan pemupukan isi air dengan bertahap sampai 3 kali tingkat dari mulai 50 cm. Jika sudah dikerjakan pengisian air yang telah sesuai sama jadi Anda dapat lakukan penebaran bibit ikan bandeng. Dengan ukuran dari 10 cm dapat diterbarkan bibit dengan pada tebar sejumlah 50 ekor per meternya lewat pemasukan bibit dalam plastik yang diisi ikan sampai 1-2 jam hingga suhu pada air didalam paket serta dalam kolam sama supaya ikan dapat menyesuaikan.

Bagian Pemberian Pakan

cara budidaya ikan bandeng agar cepat besar,cara budidaya ikan bandeng air payau,cara budidaya ikan bandeng air tawar,makalah budidaya ikan bandeng,proposal budidaya ikan bandeng,


Pakan Bibit atau benih ikan yang telah ditebar tentu memerlukan pakan yang cukup, dengan memberi makanan alami. Bila telah 2 minggu jadi taburkan lagi pupuk cair organik supaya dapat menumbuhkan pakannya dengan cara alami pada ikan.

Pemanenan Ikan Bandeng Dalam Tambak

Bagian panen ikan bandeng mencakup 2 cara, yakni harvest selektif serta keseluruhan panen. Harvest selektif lewat pengeringan air terlebih dulu sampai 70% untuk menjaring ikan yang sudah diurutkan berdasar pada ukuran yang sesuai sama untuk dikonsumsi serta di jual. Sesaat panen keseluruhan dikerjakan dengan memanen seluruhnya ikan dengan cara berbarengan tidak lihat ukurannya.

Nah tersebut beberapa langkah cara budidaya ikan bandeng di tambak dari persiapan kolam sampai panen untuk Anda!


Bagikan ke : Facebook Twitter Google+

Back To Top