Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Tembok Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Tembok Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tembok - Ikan gurame tidak cuman banyak diminati para konsumen, harga jualnya juga cukup tinggi. Karna inilah kenapa gurame mempunyai prospek usaha yang tinggi serta bisa Anda buat jadi kesempatan untuk memulai usaha budidaya. Karakteristik ikan gurame sendiri yaitu pada intinya suka pada tempat yang tenang juga jernih. Hingga pelihara ikan gurame serta membudidayakannya bakal sangatlah pas jika dikerjakan didalam kolam dari tembok berdinding batu. Ikan gurame yang dibudidayakan didalam kolam tembok tentu mesti mempunyai pemenuhan kriteria kolam tembok yang baik. Dalam artikel kesempatan ini kita bakal mengulas bagaimana caranya budidaya ikan gurame di kolam tembok yang baik.


cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,pakan ikan gurame agar cepat besar,pakan ikan gurame di kolam terpal,pakan ikan gurame yang bagus,

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Koi Kolam Terpal Dapat Untung Lebih

Bagian Dari Langkah Budidaya Ikan Gurame

Persiapan Atau Pembersihan Kolam

Untuk yang ke pertama kalinya Anda mesti lakukan juga sebagai persiapan pemeliharaan ikan gurame didalam kolam tembok yaitu kebersihan kolam. Karna Kolam yang bersih adalah satu diantara prasyarat ikan gurame dapat hidup. Anda dapat juga lakukan pembersihan tepi kolam agar kebersihan kolam tembok lebih optimal. Untuk hindari ada bakteri yg tidak baik untuk perkembangan ikan gurame nantinya, sebaiknya Anda memakai desinfektan yang berbentuk KmnO4 sejumlah 20 hingga 30 mg/liter. Sesudah siap, barulah masukkan air kurang lebih setinggi 100 hingga 120 cm. Untuk mempermudah cara budidaya ikan gurame di kolam tembok, sebaiknya kolam dilengkapi dengan saluran tengah atau umum dimaksud kubangan dengan maksud supaya memudahkan jalannya panen kelak nantinya.

Pemiliha Dan Menentukan Benih Ikan Yang Baik

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,pakan ikan gurame agar cepat besar,pakan ikan gurame di kolam terpal,pakan ikan gurame yang bagus,

 

Juga sebagai cara budidaya ikan gurame di kolam tembok yang pantas Anda cermati, Anda mesti mempunyai benih ikan gurame yang disarankan SNI. Benih itu yaitu yang termasuk dalam kelas benih sebar, ukuran lebih kurang 7 hingga 15 gr per ekor. Ada satu hal yang perlu Anda cermati dalam memanajemen kolam gurame Anda. Kepadatan tebar untuk tiap-tiap mtr. persegi kolam sebaiknya diisi 12 sampai 20 ekor ikan gurame. Untuk saat pengembangbiakannya sendiri lebih kurang 90 hingga 120 hari. Panduan budidaya ikan gurame yang lain yaitu saat menyebar benih gurame, upayakan pada saat pagi atau sore hari. Karena Hal semacam ini kolam mempunyai situasi suhu yang rendah.

Pilih Pakan Terbaik Untuk Ikan

Pakan yang baik untuk budidaya ikan gurame di kolam tembok sendiri yaitu pakan yang berunsur herbivora, lantaran gurame sendiri yaitu pemakan tumbuh-tumbuhan. Karenanya, beri ikan gurame makanan yang berbentuk pakan hijau-hijauan serta pelet komersil Anda juga bisa memberi Kangkun yang dicincang kecil-kecil. Anda dapat juga memberi ikan gurame Anda dengan daun sente yang pada awal mulanya telah dilayukan terlebih dulu. Untuk ukuran pemberian pakan ikan gurame sendiri, Anda bisa memberi pakan hijau sejumlah sekali /hari dengan 2% hingga 3% bobot biomass/bobot ikan. Sedang untuk pelet dapat 2 kali satu hari dengan 2% hingga 3% bobot biomass/bobot ikan perekor.

Saatnya Panen Ikan Gurame

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,pakan ikan gurame agar cepat besar,pakan ikan gurame di kolam terpal,pakan ikan gurame yang bagus,

 

Nah, juga sebagai panduan paling akhir, sebaiknya Anda memanen ikan gurame saat ia telah mempunyai berat kira-kira 200 gr sampai 300 gr per ekornya. Ikan gurame yang baik juga mesti mempunyai tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi, yakni sejumlah 85% sampai 95%. Serta untuk tehnik pemanenan sendiri, Anda bisa lakukan panen beberapa atau panen keseluruhan. Untuk panen totalnya dalam cara budidaya ikan gurame di kolam tembok bisa Anda kerjakan dengan kuras air kolam, serta ikan bakal terkumpul di kubangan basic kolam yang sebelumnya telah di persiapkan saat pembuatan kolam.
Sekian panduan cara budidaya ikan gurame semoga bermanfaat,serta menambah ilmu bagi Anda,,!!


Bagikan ke : Facebook Twitter Google+

Back To Top