• About
  • Cara Budidaya Udang Windu Tradisional Serta Membuat Konstruksi Wadah

    Selasa, 22 Desember 2015

    Cara Budidaya Udang Windu Tradisional Serta Membuat Konstruksi Wadah

    Cara Budidaya Udang Windu Tradisional - Histori udang dapat masuk di Indonesia dikala banyak petani yang membudidayakan ikan bandeng, dengan cara tidak berniat waktu air tengah pasang udang banyak yang masuk ke tambak bandeng. Dengan hal tersebut supaya petani dapat memberikan keuntungan, maka dari itu bandeng serta udang juga turut dipanen. Dengan Seiring berjalannya waktu, nyatanya udang lebih diminati daripada ikan bandeng. Satu diantara udang yang banyak diminati oleh pembeli yaitu udang windu. Di awal th. 90’an tingkat produksi udang windu bertambah sehingga daya beli orang-orang juga bertambah. Sesungguhnya udang windu dibudidayakan di tempat mangrovae, tetapi Anda dapat budidaya udang windu tradisional itu dengan membuat tambak-tambak kecil.

    tata cara budidaya udang windu,cara budidaya udang windu di terpal,cara budidaya udang windu air tawar,cara budidaya udang windu di kolam terpal,cara budidaya udang windu secara tradisional,

    Baca juga : Cara Budidaya Ikan Lele di kolam Tembok Serta Kelebihannya

    Memahami Mengenai Cara Budidaya Udang Windu

    Tehnik budidaya udang windu di tambak yang dikerjakan dengan telaten bakal membuahkan udang windu yang mempunyai ukuran besar hingga jika di jual di pasar lokal atau nasional bahkan juga bisa ke pasar internasional harga nya tinggi. Kemahalan harga nya itu juga dibarengi dengan ukurannya yang besar dan jika udang windu ini telah di proses jadi makanan maka terasa bakal enak serta teksturnya juga merasa lembut. Bahkan juga daerah Aceh serta Tarakan adalah satu diantara daerah yang masih tetap terus-menerus dalam jalankan usaha cara budidaya udang windu. Mereka untuk menghasilkan udang windu itu dengan lakukan langkah system tambak tradisional. Dapat dibuktikan pada th. 1997-1999, produksi udang windu bertambah serta keinginan customer juga bertambah, bahkan juga udang windu pada tahun itu di jual dengan harga lebih kurang Rp 200. 000.

    Menentukan Budidaya Dengan cara Tradisional

    tata cara budidaya udang windu,cara budidaya udang windu di terpal,cara budidaya udang windu air tawar,cara budidaya udang windu di kolam terpal,cara budidaya udang windu secara tradisional,


    Cara Budidaya udang windu tradisional memanglah untungkan? Untuk Anda yang tertarik membudidayakan udang windu, Anda mesti mempersiapkan fasilitas serta peralatan yang diperlukan. Saat sebelum mengawali membudidayakan udang windu, baiknya Anda membuat konstruksi atau wadah peletakan udang windu yang kuat. Berarti kuat yaitu tahan jika dihamtam ombak, angin serta banjir besar. Selanjutnya prasyarat yang lain, jarak tambak dari pantai 50 m atau minimum 50 m dari sungai.

    Anda juga mesti meyakinkan apabila lingkungan tambak mesti baik untuk perkembangan udang. Konstruksi tanggul mesti padat serta kuat supaya air tidak merembes serta tahan bila berlangsung erosi air. Prasyarat yang tidak bisa lupa supaya berhasil membudidayakan udang windu yaitu saluran air yang masuk haru terpisah dengan air yang keluar dan jagalah kebersihan supaya udang windu sehat,bila air bersih tetap terjaga tentu juga membuat produksinya banyak dikarnakan udang sehat-sehat semua, dan pertumbuhan udang akan leih baik.

    Menilih Type Budidaya Udang Wind


    tata cara budidaya udang windu,cara budidaya udang windu di terpal,cara budidaya udang windu air tawar,cara budidaya udang windu di kolam terpal,cara budidaya udang windu secara tradisional,

    Ada 3 model proses budidaya udang windu yakni tambak ekstensif, semi intensif serta cara budidaya udang windu dengan cara intensif. Tetapi banyak petani yang pilih membudidayakan udang windu lewat cara ekstensif, argumennya lebih murah serta tidak membutuhkan ongkos yang mahal. Memanglah cara tradisional ini tidak sama dengan yang lain, bila memakai cara ini tambak untuk budidaya udang mesti di bangun di air yang surut umumnya di rawa bakau atau rawa surut bersemak. Lantaran budidaya udang windu tradisional ini relatif terbatas hingga ukuran petakan tambaknya juga tak teratur tetapi bakal tambah baik luasnya 3-10 ha per petaknya. Anda mesti membuat saluran keliling di setiap petaknya lebarnya 5-10 m serta kedalamannya dapat 30-50 cm serta di bagian sekitarnya juga di buat pelataran idealnya seputar 30-40 cm.

    Pada pembuatan tambak budidaya udang windu memanglah tak ada pemupukan, namun ada kian lebih satu model tambak tradisional diantaranya model corong serta model taman. Hingga Anda dapat pilih model tambak yang mana sesuai dengan yang Anda kehendaki. Sekali lagi cermati kebersihan airnya supaya cara budidaya udang windu tradisional yang Anda kerjakan bisa sukses dengan memanen udang windu yang sehat. semoga bermanfaat ilmu yang singkat ini.
     
    Pets Blogs
    blog search engineVisit RaisaNamaya at Ping.sgTop  blogsscience blog
    science blog Pets