Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cara Budidaya Ikan Cere Atau Gambusia Pembasmi Jentik Nyamuk

Cara Budidaya Ikan Cere Atau Gambusia Pembasmi Jentik Nyamuk

Cara budidaya ikan cere atau Gambusia - Ikan cere adalah ikan yang mempunyai ketahanan badan demikian kuat pada lingkungan tercemar atau polusi air limbah sekalipun. Seperti kita pahami, jentik-jentik nyamuk bila dibiarkan pasti bakal sangatlah beresiko lantaran dapat mengakibatkan DBD terutama pada nyamuk Aedes aegypti. Diluar itu, kehadiran nyamuk benar-benar sangat mengganggu ditambah lagi bila telah menggigit kita. Dengan pembudidayaan cere inilah kita dapat memusnahkan jentik-jentik nyamuk dikarenakan cere yang bakal mengonsumsi larva dari jentik nyamuk tadi. Ikan cere termasuk juga  sangatlah handal melahap larva jentik nyamuk.

jual ikan cere

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton


Sesungguhnya, terdapat beberapa spesies yang memanglah bisa digunakan untuk pembasmi dari jentik nyamuk, yakni ikan cere. Ikan cere atau di kenal dengan ikan “anti nyamuk” mempunyai nama ilmiah Gambusia affinis. Ikan itu sudah dapat dibuktikan ampuh untuk mengatur model nyamuk malaria. Bahkan juga, seperti telah diterangkan diatas, dimana cere juga punya potensi untuk mengontrol nyamuk Aedes aegypti juga sebagai pemicu DBD (Demam Berdarah Darah). Perihal ini pula, mengapa kita butuh memahami cara budidaya ikan cere. Ikan cere juga telah dapat dibuktikan bisa mengatur populasi dari serangga yang bertindak juga sebagai pengisap darah pada manusia. Ikan cere sesungguhnya masih tetap termasuk juga kerabatnya guppy, termasuk family Poeciliidae.

ikan cere di got


Lantaran reputasi ikan ini juga sebagai ikan pembasmi larva atau jentik nyamuk, ikan cere Gambusia banyak di ekspor sampai ke beragam negara, satu diantaranya Indonesia. Dengan argumen ini, cara budidaya cere demikian cerah lantaran itu banyak diperlukan di beberapa negara. Ikan cere atau Gambusia adalah sejenis ikan air tawar dengan bentuk yang demikian imut. Saat ikan itu dewasa, maka panjang tubuh nya dari penjantannya cuma memiliki ukuran 4 cm saja. Dengan hal tersebut, ukuran itu nyaris seukuran dengan 2 ruas jari pada orang dewasa. Malah, pada ikan ini betinanya memiliki ukuran lebih bongsor, sampai meraih ukuran panjang 7 cm pada waktu dewasa. Dalam cara budidaya ikan cere, pasti bakal lebih gampang tahu yang mana betina serta mana  jantan.

ikan cere laut


Ketidaksamaan morfologi pada Gambusia betina serta jantan, di kenal dengan nama diamorfisme seksual. Badan sang betina dengan ukuran semakin besar, nyatanya dipakai saat ia tengah memiliki kandungan. Dengan perut besarnya, si betina lebih gampang berkembangbiak lewat cara ovovivipar. Cere atau Gambusia betina saat bertelur, jadi telurnya tidak bakal ditempatkan pada air. Telur lalu dibuahi lantas dilindungi di bagian pada badan sang induk sampai menetas hingga melahirkan. Beberapa peternak ikan cere saat lakukan cara budidaya mesti mengetahui karakter karakter unik dari nya ini.

Pejantan dari cere ini memiliki sirip kelamin yang diberi nama gonopodium dengan manfaat supaya dapat menyemprotkan sperma pada pasangannya. Pada keadaan yang normal, ikan ini bisa hidup sampai berusia 3 tahun. Pada umur inilah,bisa beranak pinang demikian cepat. Perihal ini pula sebagai keunggulan dari cara budidaya ikan cere juga sebagai pembasmi jentik nyamuk serta serangga. ini dapat termasuk lebih cepat matang tingkat seksual nya. Dikarenakan dengan umur 6 hingga 8 minggu, ikan cere betina sudah siap kawin.


Bagikan ke : Facebook Twitter Google+

Back To Top