Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cara Memelihara Ikan Hias Koi di Kolam Dan Akuarium Yang Baik

Cara Memelihara Ikan Hias Koi di Kolam Dan Akuarium Yang Baik

Cara Memelihara Ikan Hias Koi di Kolam Dan Akuarium - Ikan koi yaitu satu diantara model ikan yang sangatlah diminati orang-orang Indonesia juga sebagai penghias kolam. Tidak cuman warna dan coraknya yang indah nan menarik, si koi juga termasuk gampang pengembangbiakannya. Koi dalam perawatannya pasti hampir sama juga dengan ikan-ikan lain, yakni mempunyai air yang baik, kolam yang sesuai sama serta pemberian pakan juga sebagai cara memelihara si koi di kolam. Koi sendiri adalah yang sukai berenang di air yang luas dan dalam, hingga yang paling disarankan dalam memeliharanya yaitu dibiakkan di kolam. Kolam harus perlu luas dan dalam semestinya mempunyai maksudnya tersendiri.

cara memelihara ikan koi untuk pemula,cara memelihara ikan koi yang baik,cara memelihara ikan koi yang baik dan benar,cara memelihara ikan koi di aquarium,

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Yang Menguntungkan

Perhatian Serius Pada Koi

Hindari Dari Terpapar Matahari Berterusan

Kolam yang dalam akan menolong si ikan koi agar tak terus menerus terpapar cahaya matahari. Si koi sejatinya bukanlah memiliki ketahanan pada cahaya matahari dengan cara terus-terusan. Hal itu jika dibiarkan malah akan jadi permasalahan untuk si  koi, berbentuk pertumbuhannya yang terhalang atau warnanya yang memudar. Memelihara si koi di kolam terbaik tentu dengan memerhatikan karakteristik kolam si koi terlebih dahulu. Untuk ukuran standard dalam memelihara si koi yaitu sebesar 1 ½ m x 2 m dengan kedalaman 80 hingga 50 cm.


cara memelihara ikan koi untuk pemula,cara memelihara ikan koi yang baik,cara memelihara ikan koi yang baik dan benar,cara memelihara ikan koi di aquarium,

Tidak cuman ukuran kolam buat si koi harus dalam, baiknya di perhatikan juga perihal ada jarak dari permukaan air dan bibir kolam. Hal itu karena lantaran koi adalah hewan air biasa melompat, hingga jika tak di beri jarak akan bikin si koi terjebak diluar kolam. Untuk jarak yang bisa kami merekomendasikan sendiri yaitu kurang lebih 25 cm. Juga sebagai cara memelihara di kolam lain, sebaiknya Anda juga menempatkan pipa saluran pembuangan air kotor dibagian bawah kolam, serta pipa saluran air bersih dibagian atasnya. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar air bisa senantiasa bertukar-ganti hingga ada aliran air untuk kecukupan oksigen si ikan koi.

Mem-filter Air Kolam

Nah, diluar itu, cara memelihara ikan koi yang baik termasuk juga memerhatikan ada filter terbagi dalam 4 lapis membuat perlindungan kebersihan air. Filter-filter itu bisa membuat perlindungan kebersihan air dari kerikil, pasir, lumpur dan sampah. Filter itu juga berperan juga sebagai ingindali karbon zeolit yang bermanfaat untuk kurangi toksin dan bau. Diluar itu, filter juga berperan juga sebagai penetralisir pestisida serta untuk pembersihan kolam. Ganti air dalam kolam si koi agar sebaiknya dikerjakan sepanjang 2 minggu sekali, atau saat kolam jadi kotor. Pembersihan kolam berfilter bisa dikerjakan dengan bersihkan filter tersebut saja, dengan menyemprotkan air bersih sepanjang 5 hingga 10 menit.

Nah, yang paling akhir yaitu terkait dengan tehnik pemberian pakan untuk ikan koi. Type makanan yang baik untuk sikoi yaitu white germ, atau pakan-pakan lain yang mempunyai kandungan protein tinggi yang umum diperoleh dari gandum, tepung ikan, atau tepung udang. White germ sendiri mempunyai kandungan vitamin yang cukup komplit untuk perkembangan si koi. Jika Anda mau cara memelihara di kolam agar si koi berwarna cerah, jadi berikanlah si koi dengan makanan yang berkaroten tinggi, seperti wortel, ganggang spirullina, semangka, sawi, dan kubis.


Tips Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium


Banyak orang yang sangatlah tertarik dengan ikan hias dan ditempatkan dalam akuarium. Tetapi sayangnya, banyak juga yang sesudah membelinya dan menempatkannya di akuarium dilewatkan saja tak dirawat dengan baik. Memelihara ikan hias di akuarium tidak sama dengan memelihara ikan hias didalam kolam semen. Ada banyak hal utama agar supaya atau perlu di perhatikan supaya peliharaan dapat terus hidup sehat dan indah didalam akuarium. Manfaat lain dari akuarium sendiri yaitu juga sebagai hiasan rumah, bila akuariumnya dirawat dengan baik jadi akan terlihat indah dan membuat cantik ruang.

cara memelihara ikan koi untuk pemula,cara memelihara ikan koi yang baik,cara memelihara ikan koi yang baik dan benar,cara memelihara ikan koi di aquarium,


Cara menjaga ikan hias di akuarium sesungguhnya tidaklah susah, dengan pemeliharaan yang pas dan perawatan yang telaten ikan hias yang ada didalam akuarium dapat terus tampak indah setiap waktu. Memelihara si hias di akuarium supaya terus indah mesti memerhatikan sebagian di bawah ini.

Langkah Dalam Memelihara Ikan Hias

Tentukan ukuran akuarium yang pas

Yang pertama dikerjakan untuk cara memelihara hiasan di akuarium yakni pilih ukuran akuarium yang pas. Ukuran akuarium mesti diambil yang sesuai sama jumlah akan dipelihara. Bila akan memelihara sedikit, pakai akuarium yang kecil.

cara memelihara ikan koi untuk pemula,cara memelihara ikan koi yang baik,cara memelihara ikan koi yang baik dan benar,cara memelihara ikan koi di aquarium,
Add caption

Tentukan bibit yang bagus

Cara memelihara ikan hias di kolam ataupun di akuarium mesti terus memerhatikan penentuan bibitnya. Tentukan bibit ikan hias unggul supaya dapat tumbuh jadi hiasan yang bagus dan indah. Penentuan bibit itu memanglah tak gampang namun dapat dikenali dari situasi fisik ikan hias yang akan dibeli. Pilihan bibit ikan hias itu sangatlah utama dan butuh diingat bibit ikan hias yang paling bagus dari dalam negeri sendiri.

Pakai air yang bersih

Air yang senantiasa bersih yaitu cara memelihara ikan hias di akuarium supaya terus indah dan sehat.
Kebersihan air yaitu hal paling utama perlu di perhatikan. Anda dapat memakai alat bantu untuk melindungi kebersihan air. Bila air telah mulai kotor selekasnya ubah air dalam akuarium, saat menggantinya tempatkan di wadah yang lain hingga sistem pergantian air usai.

Beri makan yang teratur

Pemberian makan pada ikan hias juga jadi perhatian utama saat memelihara di dalam akuarium. Ikan sekurang-kurangnya di beri makan dua hingga tiga kali dalam satu hari. Jumlah pakan didapatkan juga mesti sesuai dengan jumlah ikan yang ada didalam akuariumnya.

Pisahkan ikan yang sakit

Memisahkan ikan yang sakit juga adalah cara memelihara si hias di akuarium yang pas. Bila ikan telah tampak sakit selekasnya ambillah dan pindahkan dalam tempat yang terpisah. Ikan yang sakit bila dilewatkan saja dapat menulari peliharaan lain dan mengakibatkan ada didalam akuarium dapat mati atau terkena penyakit.

cara memelihara ikan koi untuk pemula,cara memelihara ikan koi yang baik,cara memelihara ikan koi yang baik dan benar,cara memelihara ikan koi di aquarium,


Saat memelihara si hias didalam akuarium jadi mesti di perhatikan penentuan ikan yang akan di masukkan. Ukuran ikan dalam akuarium upayakan agar sesuai sama dan tak jauh tidak sama. Jauhi untuk jadikan satu pada kecil dan besar. Ikan besar umumnya akan memangsa ukuran lebih kecil. Jadi, upayakan dalam satu akuarium ukuran ikannya mesti seragam dan tak ada semakin besar atau terlampau besar dibanding yang lain. Cara memelihara si hias di akuarium itu memanglah harus di ketahui supaya yang dipelihara terus indah dan sehat.


Bagikan ke : Facebook Twitter Google+

Back To Top