Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cara Budidaya Semut Jepang Dengan Media Toples dan Khasiatnya

Cara Budidaya Semut Jepang Dengan Media Toples dan Khasiatnya

Cara Budidaya Semut Jepang - Belakangan ini semut jepang cukup popular sehingga menarik minat orang untuk berbudidaya semut jepang, karena manfaat semut jepang ini sangat banyak sekali untuk kesehatan. Tidak ada salahnya bagi kita semua untuk ikut belajar cara budidaya semut jepang khususnya dengan media toples, paling tidak buat memenuhi kebutuhan keluarga sendiri, ataupun buat di bagikan ke tetangga serta teman-teman. Dengan demikian secara langsung akan menjadikan orang-orang dekat kita tersebut akan lebih akrap dengan kita dan senantiasa dalam kondisi sehat.


cara-budidaya-semut-jepang-agar-cepat-banyak,cara-budidaya-semut-jepang-yang-benar,cara-budidaya-semut-jepang-dan-khasiatnya,cara-budidaya-semut-jepang,
Namun informasi mengenai cara budidaya semut jepang dengan media toples ini masih sangat sedikit sekali. Banyak pembudidaya gagal menuai hasilcdalam pembudidaya nya dikarnakan kekurangan pengetahuan. Sebelum kita bahas secara lengkap mengenai cara beternak semut jepang dengan media toples ini, sebaiknya kita tahu dulu apasih manfaat semut jepang ini??

Manfaat dan Khasiat Semut Jepang:

  • Menstabilkan kadar gula darah bagi penderita diabetes atau darah manis.
  • Menormalkan kolesterol,
  • Menormalkan asam urat,
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh ( Immune )
  • Mengobati penyakit jantung,
  • Menstabilkan tekanan darah bagi penderita Hypertensi,
  • Menambah vitalitas bagi pria,
  • Banyak lagi lainnya.
Persiapkan terlebih dahulu bahan diperlukan dalam cara budidaya semut jepang dengan media toples ini :
  • Bibit semut jepang atau Indukan semut jepang
  • Toples plastik
  • Kapuk atau kapas
  • Roti tawar dan ragi tape
  • Solder

Tahapan Cara Budidaya Semut Jepang Dengan Media Toples Yang Baik

Tahapan persipan cara budidaya semut jepang media toples yang pertama. Siapkan bibit Semut jepang, pilih semut jepang berumur cukup matang dan masih produktif. Bibit semut jepang lebih banyak tentu akan lebih bagus karena dengan jumlah yang banyak maka otomatis perkembang lebih cepat. Bibit bisa di beli di tempat penjualan bibit dengan harga terjangkau dan pilih bibit semut jepang yang sehat serta siap diternak, Anda boleh beli lebih dari 1 paket bibit sehingga semut lebih cepat berkembang menjadi banyak.
Tahapan persipan cara budidaya semut jepang media toples yang kedua. Siapkan media untuk budidaya, sesuai dengan bahasan kita yaitu menggunakan toples sebagai medianya. Toples baik adalah berbahan dari plastik untuk menghindari jika jatuh atau terbentur maka tidak akan pecah. Toples boleh berbentuk atau bekas apa saja semisal toples buat krupuk, toples sosis, toples kotak agak besar juga tidak apa-apa atau anda juga bisa menggunakan Aquarium. Media tempat atau wadah budidaya bisa juga gunakan media plastik lain. Yang perlu di perhatikan sesuaikan jumlah semut dengan media budidaya, karena media budidaya terlalu besar dengan jumlah semut terlalu sedikit menyebabkan semut susah berkembang dikarenakan semut jarang bertemu sehingga tidak jarang terjadi perkawinan.
Tahapan persipan cara budidaya semut jepang media toples yang ke tiga. Lubangi Tutup toples dengan pisau atau solder yang sudah dipanasi, lubangi seperlunya saja sehingga sirkulasi udara akan lebih baik. Jangan terlalu lebar lubangnya agar cicak tidak dapat masuk kedalam toples. Perhatikan untuk membuat lubang, jika rumah anda banyak memiliki ventilasi udara terbuka dan banyak udara masuk kedalam rumah serta juga bersuhu lembab, maka buatlah lubang sedikit agar semut tetap terjaga hangatnya. Namun jika sebaliknya rumah anda tertutup juga suhu agak panas buat lah lubang pada toples sedikit lebih banyak agar semut tidak merasa panas dalam toples, karena semut sangat cocok dengan suhu sedang juga stabil di suhu antara 30 derajat.
Tahapan persipan cara budidaya semut jepang media toples yang ke empat. Siapkan kapas lalu isi toples dengan kapas secukupnya saja sesuai bidang, untuk ketinggian kapas itu sendiri kurang lebih cukup 4 cm. Karena nanti kapas mengembung dengan sendirinya pada saat semut-semut mulai berkembang biak dalam toples. Pilihlah kapas bertekstur lembut sehingga memudahkan semut masuk dan berkembangbiak di kapas tersebut. Jangan menggunakan kapas biasa di gunakn untuk pembersih muka, karena kapas seperti ini biasanya mengandung bahan kimia sehingga dapat mempengaruhi perkembangan biakan semut jepang itu sendiri.

cara-budidaya-semut-jepang-agar-cepat-banyak,cara-budidaya-semut-jepang-yang-benar,cara-budidaya-semut-jepang-dan-khasiatnya,cara-budidaya-semut-jepang,

Pemeliharaan Semut Jepang Dalam Toples

Pemeliharaan semut jepang sangat mudah sekali. Untuk budidaya yang masih baru, yang populasi semut jepang dalam toples berkisar 30 ekor-an. Anda cukup memberikan satu potongan roti tawar setiap minggunya. Kalau di dalam toples terdapat banyak semut jepang berikan lebih tiap minggu. Untuk toples kecil apa bila dirasa sudah penuh (biasanya 2 bulanan) dapat pindahkan setengah populasi semut ke dalam toples yang baru. Tentu persiapan toplesnya di mulai dari awal lagi. 

Anda juga bissa memakai ragi sebagai makanannya, siapkan ragi tape sebagai makanan semut dapat di beli ditoko kue di pasar tradisional. Pilih ragi bermerk NKL, trus jangan membeli ragi secara eceran, sebab ragi setelah terkontaminasi dengan udara agak lama ragi akan cepat keluar jamur, tentu hal ini tidak lah baik untuk semut kita.

cara-budidaya-semut-jepang-agar-cepat-banyak,cara-budidaya-semut-jepang-yang-benar,cara-budidaya-semut-jepang-dan-khasiatnya,cara-budidaya-semut-jepang,
Dalam beberapa bulan saja mungkin anda akan memiliki lebih dari sepuluh toples berisi dengan semut jepang. Saran saya untuk memakai toples bekas sosis saja, alasanya lebih kecil dan siple serta mudah saat akan dijual nantinya, karena ukuranya yng kecil. Biasa toples dengan populasi lebih kurang 100 ekor semut jepang dijual dengan harga 300 ribu. Untuk penempatan toples media budidaya tersebut taruh di tempat kering juga tidak lebab, karna pada saat ditaruh ditempat lembab kandang akan di tumbuhi jamur berjamur.

Sekian dulu bahasan tentang cara budidaya semut jepang dengan media toples ini, semoga dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi Anda.


Bagikan ke : Facebook Twitter Google+

Back To Top